Menurut 12 Ahli Pengrtian Pendidikan Adalah….
1.Plato (filosof Yunani yang hidup dari tahun 429 SM-346 M) mengatakan bahwa : “Pendidikan itu ialah membantu perkembangan masing-masing dari jasmani dan akal dengan sesuatu yang memungkinkan tercapainya kesemurnaan.”
1.Plato (filosof Yunani yang hidup dari tahun 429 SM-346 M) mengatakan bahwa : “Pendidikan itu ialah membantu perkembangan masing-masing dari jasmani dan akal dengan sesuatu yang memungkinkan tercapainya kesemurnaan.”
2. Aristoteles (filosof terbesar Yunani, guru Iskandar
Makedoni, yang dilahirkan pada tahun 384 SM-322 SM) mengatakan bahwa :
“Pendidikan itu ialah menyiapkan akal untuk pengajaran”.
3. Ibnu Muqaffa (salah seorang tokoh bangsa Arab yang hidup
tahun 106 H- 143 H, pengarang Kitab Kalilah dan Daminah) mengatakan bahwa :
“Pendidikan itu ialah yang kita butuhkan untuk mendapatkan sesuatu yang akan
menguatkan semua indera kita seperti makanan dan minuman, dengan yang lebih
kita butuhkan untuk mencapai peradaban yang tinggi yang merupakan santaan akal
dan rohani.”
4. Herbert Spencer (filosof Inggris yang hidup tahun
1820-1903 M) mengatakan bahwa : “Pendidikan itu ialah menyiapkan seseorang agar
dapat menikmati kehidupan yang bahagia.”
5. Rousseau (filosof Prancis, 1712-1778 M) mengatakan bahwa
: “Pendidikan ialah pembekalan diri kita dengan sesuatu yang belum ada pada
kita sewaktu masa kanak-kanak, akan tetapi kita membutuhkannya di waktu
dewasa”.
6. James Mill (filosof Inggris, 1773-1836) mengatakan bahwa
: “Pendidikan itu harus menjadikan seseorang cakap, agar dia menjadi orang yang
senantiasa berusaha mencapai kebahagiaan untuk dirinya terutama dan untuk orang
lain selainnya.”
7. John Stuart Mill (filosof Inggris, 1806-1873 M)
mengatakan bahwa : “Pendidikan itu meliputi segala sesuatu yang dikerjakan oleh
seseorang untuk dirinya atau yang dikerjakan oleh orang lain untuk dia, dengan
tujuan mendekatkan dia kepada tingkat kesempurnaan
8. John Dewey (filosof Chicago,
1859 M - 1952 M) mengatakan bahwa : " Pendidikan adalah membentuk manusia
baru melalui perantaraan karakter dan fitrah, serta dengan mencontoh
peninggalan - peninggalan budaya lama masyarakat manusia."
9. Jean-Jacques Rousseau (filosof swiss 1712-1778)
menurutnya : “Pendidikan adalah memberi kita perbekalan yang tidak ada pada
masa anak-anak, tetapi kita membutuhkannya di waktu dewasa.”
10. Langeveld adalah seorang ahli pendidikan bangsa Belanda
Ahli ini merumuskan pengertian pendidikan sebagai berikut : “Pendidikan adalah
bimbingan atau pertolongan yang diberikan oleh orang dewasa kepada perkembangan
anak untuk mencapai kedewasaannya dengan tujuan agar anak cukup cakap
melaksanakan tugas hidupnya sendiri tidak dengan bantuan orang lain”
11. Ki Hajar Dewantara (Bapak Pendidikan Nasional Indonesia,
1889 - 1959) merumuskan pengertian pendidikan sebagai berikut : “Pendidikan
umumnya berarti daya upaya untuk memajukan budi pekerti ( karakter, kekuatan
bathin), pikiran (intellect) dan jasmani anak-anak selaras dengan alam dan
masyarakatnya”.
12. Sedangkan Darnelawati (1994) berpendapat bahwa
pendidikan formal adalah pendidikan di sekolah yang berlangsung secara teratur
dan bertingkat mengikuti syarat-syarat yang jelas dan ketat. Tujuan pendidik
adalah untuk memperkaya budi pekerti, pengetahuan dan untuk menyiapkan
seseorang agar mampu dan trampil dalam suatu bidang pekerjaan tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar